Mau tahu seperti apa mobil sport Honda masa depan? Mr DreWsebut saja begitu namanyamengapresiasikannya dengan Honda Civic Genio 1994 yang dibentuk concept sport car. "Harus tetap nyaman, user friendly, fungsional, dan enggak malu-maluin kalau ikut kontes," ujar maniak mobil buatan pabrik Soichiro Honda ini.

Berarti, fokus utama modifikasinya pada teknik body conversion yang mengacu eksterior rendah sebagai ciri mobil sport. Kebetulan mobil sport Honda diberi kode SX, di antaranya NSX.

Untuk mewujudkan tampilan, jelas, bodi harus dipermak. "Hampir seluruh bodi dibuat ulang dan custom," papar Lutfi Kurrahman, modifikator Pro Mobile yang membidaninya. Jadi, dari sedan lawas itu, hanya sasis yang disisakan.

Diakui oleh Lutfi, dalam membuat bodi, tingkat kesulitan didapat pada bagian belakang. "Sebab, buritan sport car enggak boleh panjang. Nanti jadinya malah aneh lantaran enggak sejalan dengan depannya (kap mesin)," ungkap Lutfi. Bagaimana membuat bagian belakang tampak seksi, tetapi tetap memperhatikan nilai proporsional dan harmonisasi dengan bentuk atap dan dimensi ruang mesin.

Maka dilakukan penggeseran (mundur) pilar B sekitar 5 cm. Penyesuaian bentuk dilakukan karena pemakaian konstruksi 2-doors dari Honda Estilo yang daun pintunya lebih panjang. Kemudian, ketinggian pilar-pilar disunat sekitar 8 cm dan khusus yang ke belakang, atap dibuat miring menuju bagasi agar tarikan nut dan pilar C tak terlihat dipaksakan. Kaca belakang terpaksa dibuat ulang.

Untuk desain custom body kit, ada 3 lapisan yang saling melengkapi penampilan. "Jika salah satu dilepas, penampilan body jadi beda," bilang Lutfi. Ide edan ini sebenarnya mirip lips bumper. Bedanya, masing-masing rangkaian membantu konstruksi penampilan sampai ke atas.

Enaknya, model bisa dibuat sesuai selera. Sebisa mungkin hindari model yang memotong langsung desain nut body. Agar mudah dilepas dan tidak mengganggu tampilan bagian lainnya, perekatannya menggunakan double tape atau baut kecil, dengan menempatkan lokasi dudukan yang tersembunyi.

Mengenai warna, sebenarnya diinginkan candy tone violet. Kondisi kurang cahaya menjadi warna pink. Untuk mendapatkan warna seperti itu, menurut Lutfi, dibutuhkan warna dasar hitam biar warna atasnya bisa terangkat dan enggak mati.

Aplikasi paling canggih dari modifikasi ini adalah adanya bronze pada bagian bawah mobil, dan Lutfi yakin ini bakal jadi tren di Tanah Air.

Tampilan sudah menunjukkan sport. Lantas, apakah ia juga didukung dengan kegaharan mesin? Tentu! Pada dapur pacu dilakukan engine swap Honda B20 + B16 dengan menggunakan piston Wiseco 85 mm. Banyak komponen HKS dipakai untuk mendongkrak tenaga, seperti intercooler, cam gear, blow off valve, filter udara sampai olinya.*
 
Top