PT Astra Honda Motor (AHM) kini sudah punya pabrik velg racing (casting wheel) sendiri. Pabril yang berlokasi di Kawasan Industri MM 2100 Cikarang Barat, ini diresmikan pekan lalu.

Honda berharap dengan pengoperasian fasilitas akan dapat memenuhi keinginan pasar dan tingkat efisiensi yang maksimal dengan kualitas yang terbaik. ”Dengan memiliki pabrik sendiri, Honda tidak tergantung lagi dengan vendor," ujar Wakil Presiden Direktur AHM Johannes Loman beberapa waktu lalu.

Pabrik ini berdiri di atas areal seluas 30.177 m2 dan luas bangunan 14.760 m2 dengan kapasitas produksi mencapai 250.000 set velg per tahun dan akan ditingkatkan hingga 500.000 set velg per tahunnya.

Pembangunan pabrik Casting Wheel ini merupakan fasilitas in plant pertama di dunia yang teknologinya dikembangkan oleh Honda sendiri. Sebelum memiliki fasilitas pembuatan velg racing ini, AHM memenuhi kebutuhan velg racing dari para vendor yang ada di Indonesia.

Namun dengan meningkatnya produksi sepeda motor, AHM merasa perlu untuk membangun fasilitas itu sendiri guna mengurangi ketergantungan dari para vendor. Iya, yang pasti kalau sudah punya pabrik sendiri, mau bikin disain kayak apa pun bisa dilakukan, makin ciut aja nikh kompetitor Honda.

Peningkatan permintaan ini terbukti dari data penjualan model-model yang menggunakan velg racing terus mengalami peningkatan. Penjualan tahun 2008 lalu, sekitar 60% model adalah menggunakan velg racing. Bahkan untuk beberapa model, seperti Vario dan Tiger, saat ini hanya tersedia model yang ber-velg racing. Hal ini menunjukan tren terhadap permintaan velg racing terus meningkat dari waktu ke waktu.

Pembangunan fasilitas pembuatan velg racing ini juga menunjukan optimisme AHM terhadap pasar sepeda motor di Indonesia yang tetap akan tumbuh dengan baik, meskipun di tengah kondisi krisis seperti saat ini.

AHM berharap, fasilitas yang bernilai investasi US$ 30 juta ini akan dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan sekaligus juga dapat memenuhi selera konsumen terhadap sepeda motor yang diinginkan.

 
Top